Blog

Pramuka, inilah 5 nilai yang terkandung didalamnya

Tidak jauh berbeda dengan siswa-siswi MI Plus Asy-syukriyyah, kita yang pernah ikut dalam kegiatan pramuka ketika di bangku sekolah dulu pasti punya kenangan tersendiri tentang kegiatan tersebut. Mulai dari membuat tandu sederhana dengan tali dan tongkat pramuka, berkemah dan api unggun. Pokoknya menyenangkan

 

Selain menyenangkan, kegiatan pramuka juga ternyata bermanfaat dalam menanamkan nilai-nilai positif bagi Anak.

 

  1. Kerjasama

 

Dalam Pramuka, anak-anak akan terbagi ke dalam regu. Mereka akan belajar menyelesaikan setiap masalah dengan berkordinasi dan bekerjasama dengan tim, mulai dari membangun tenda, menyiapkan bahan makanan, api unggun, menyelesaikan kegiatan penjelajahan, dan lainnya. Mereka akan belajar bernegosiasi, meredakan egonya demi kepentingan bersama.

 

  1. Tanggung Jawab

 

Anak akan terlibat dalam pembagian tugas dalam regu, misalnya saja siapa yang membangun tenda, siapa yang memasang bendera regu, siapa yang menyiapkan api unggun, dan lainnya. Di sini mereka akan berlatih bertanggungjawab untuk menyelesaikan tugas yang sudah diberikan padanya.

 

  1. Keberanian dan Kepemimpinan

 

Keterampilan sosial anak akan terasah dalam mengikuti kegiatan Pramuka. Mereka akan berlatih berani mengemukakan pendapatnya kepada sesama anggota regu atau bahkan kepada regu lain. Mereka juga akan belajar kepimimpinan yang baik.

 

  1. Kemandirian

 

Kemandirian adalah salah satu hal yang ditempa dalam Pramuka. Dengan mengikuti kegiatan seperti Persami (Perkemahan Sabtu-Minggu) atau Jambore, Anak akan berupaya tidak bergantung pada orang lain. Mereka akan belajar menyelesaikan masalah dan keperluannya sendiri. Berada jauh dari rumah, anak akan melakukan aktivitas mulai dari memasak, cuci piring, hingga merapikan baju mereka sendiri.

 

  1. Kedisiplinan

 

Kegiatan pramuka selalu mensyaratkan kedisiplinan. Setiap anak harus bisa menaati jadwal yang telah disepakati. Mereka biasanya harus bangun pagi dan menyelesaikan semua aktivitas. Seluruh rangkaian kegiatan yang mereka ikuti juga memiliki aturan waktu yang ketat. Saat aktivitas penjelajahan, mereka juga berkompetisi dengan regu lain untuk bisa menyelesaikan sandi di satu pos agar bisa lebih cepat melaju ke pos berikutnya. Berada di lingkungan yang disiplin, akan mendorong anak untuk mengikuti kebiasaan tersebut dalam kehidupannya sehari-hari di rumah.

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *