Blog

Sejak kapan upacara bendera dilaksanakan?

Yang pasti kalian tahu soal upacara bendera, inilah salah saru kegiatan yang mengajak kita untuk lebih memiliki jiwa nasionalisme. Lewat upacara jugalah, kita dapat mengenang jasa-jasa para pahlawan dengan mendoakan atau menyanyikan lagu-lagu nasional.

Menurut sejarah, upacara bendera sudah dilakukan sejak 1292 dan dilakukan oleh tentara kerajaan Jayakatwang ketika berperang melawan kekuasaan Kertanegara dari Singosari. Jauh setelah itu, bendera merah putih akhirnya dikibarkan pertama kali di Eropa pada tahun 1922. Namun, bukan bendera merah yang seperti kita kenal sekarang, melainkan bendera merah putih dengan tanda banteng di tengah-tengahnya.

Bendera merah putih baru resmi dikibarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 dan diperkenalkan sebagai bendera kebangsaan Indonesia. Nah, baru kemudian upacara bendera untuk pertama kalinya digelar pada tanggal 17 Agustus 1945 yang sekaligus kita kenal sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Sumber: tribunnews.com

Sobat MIPA mungkin sudah sering baca buku-buku sejarah tentang perjuangan bangsa Indonesia untuk melawan penjajahan. Dan seperti yang sobat tahu, proses kemerdekaan itu butuh waktu yang tidak sebentar. Berbagai kesulitan juga sampai dirasakan sama presiden pertama kita, Soekarno. Nah, kegaitan upacara ini merupakan salah satu cara kita berterima kasih kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *