Blog

Sudah Siap Masuk Sekolah Dasar?

Ayah & Bunda, suasana belajar di TK akan berbeda dengan di sekolah dasar. jika sebelumnya si kecil diperbolehkan tidak mengikuti pelajaran saat ia merasa tidak bisa mengikuti pelajaran atau ketika pulang sekolah ia masih bisa bermain sepuasnya.  Akan tetapi dimasa bangku sekolah dasar ini si kecil tidak lagi seleluasa saat masih duduk di Taman Kanak-kanak.

Didalam lingkungan yang baru ini, kita bisa membantu si kecil agar dengan mudah mengikuti pelajaran dengan baik bunda. di jenjang sekolah dasar, anak harus tahan duduk di bangku hingga pelajaran berakhir. Disamping itu, hampir setiap hari ia mendapat Pekerjaan Rumah (PR) yang wajib dikerjakannya, sehingga waktu untuk bermain akan semakin berkurang.

Untuk siap mengikuti pelajaran di sekolah dasar, anak memang harus melalui proses penyesuaian diri. Jika tak siap, ia akan mengalami kesulitan yang cukup berarti dalam menjalani masa belajarnya.

Belajar menunggu giliran. Persiapan masuk SD perlu dilakukan agar masa sekolah ini tidak menyiksa anak. Menurut guru sekolah SD dan psikolog sekolah di Jerman, Alexandra Emrich, salah satu yang perlu dimiliki anak adalah ia belajar sabar dalam menunggu hingga gilirannya tiba. Dalam proses belajar, anak seringkali digilir dalam menjawab pertanyaan. Anak yang belum matang akan mengalami kesulitan. Anda perlu mengajari si 5 tahun kemandirian dalam menunggu gilirannya. Anda dapat mengajarkannya, misalnya, saat Anda dan anakl antre membayar belanjaan di pasar swalayan. Katakan padanya bahwa semua orang harus antre, dan orang yang sudah besar mesti mengikuti aturan ini.

Selain belajar menunggu, anak juga harus menunjukkan kesanggupan berprestasi. Ini bisa dipraktekkannya sehari-hari di rumah, seperti memberi makan kucing, dan menyiapkan meja untuk makan malam. Dalam menyelesaikan tugasnya ini, anak belajar bahwa ia mendapat kepuasan karena telah mengerjakan suatu tugas, walau terkadang tak menyukainya. Si 5 tahun pun perlu termotivasi bahwa setiap tugas adalah tuntutan yang penuh tantangan untuk diselesaikan.

Tak hanya itu, anak pun diharapkan sanggup mengemukakan perasaan dengan cara yang bisa diterima orang lain, tahan duduk diam untuk mengikuti pelajaran dalam jangka waktu lama dan terampil menyelesaikan tugas. Semua ini sangat diperlukan sebagai tanda kemantangan si kecil untuk belajar di SD.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *